Derby Merseyside : Liverpool Di Permalukan Everton Di Anfield

Gol cepat Richarlison dan penalti Sigurdsson mengantar Everton meraih kemenangan bersejarah di Anfield. Merseyside is BLUE!

AgenBolaBonus.com – Everton berhasil mempermalukan Liverpool dengan skor 2-0 pada lanjutan Liga Premier bertajuk derbi Merseyside di Anfield, Minggu (21/2) dini hari WIB. Gol cepat Richarlison dan penalti Gylfi Sigurdsson memastikan The Reds menelan kekalahan keempat secara beruntun di liga.

Dua gol kemenangan pasukan Carlo Ancelotti masing-masing dicetak oleh Richarlison (3′) dan Gylfi Sigurdsson (83′) melalui tendangan penalti. Hasil Liga Inggris ini membuat Liverpool menelan empat kekalahan beruntun di Premier League untuk kali pertama dalam 19 tahun.

Tak hanya itu, untuk kali pertama sejak 1923, klub berjulukan The Reds itu mengalami empat kekalahan beruntun di kandang sendiri. Sementara bagi Everton, ini merupakan kemenangan pertama mereka di Anfield dalam 22 tahun.

Everton tak membutuhkan waktu lama untuk menciptakan keunggulan. Babak pertama baru berjalan tiga menit, Richarlison mampu menggetarkan gawang Liverpool.
Umpan jitu James Rodriguez berhasil dikonversi menjadi gol oleh Richarlison. Penyerang Brasil itu bisa lolos dari penjagaan Ozan Kabak lalu menaklukkan Alisson Becker melalui sepakan kaki kanan akurat.

Gol kilat Richarlison membawa Everton memimpin 1-0. Tertinggal cepat oleh tim tamu, Liverpool coba menekan dengan mengandalkan dua sayap mereka, Mohamed Salah dan Sadio Mane.
Namun, tekanan The Reds bisa diredam oleh lini belakang Everton dan juga Jordan Pickford yang bermain apik di bawah mistar gawang. Pada menit ke-30, Juergen Klopp terpaksa menarik kapten Liverpool, Jordan Henderson, yang mengalami cedera.

Klopp kemudian memasukkan Nathaniel Phillips untuk mengisi tempat di jantung pertahanan The Reds yang ditinggalkan Henderson. Asyik menyerang, gawang Liverpool nyaris kebobolan untuk kali kedua lewat sundulan Seamus Coleman.
Kali ini, Alisson tampil sigap mengamankan gawangnya. Meski lebih banyak ditekan, Everton mampu mempertahankan keunggulan satu gol atas Liverpool hingga babak pertama usai.

Lima menit babak kedua berjalan, Sadio Mane mendapatkan peluang terbuka di depan gawang Everton. Namun, sundulan Mane tak menemui sasaran. Roberto Firmino yang belum pernah mencetak gol ke gawang Everton coba mengancam melalui tembakan dari luar kotak penalti pada menit ke-55. Sayangnya, sepakan Firmino terlalu lemah sehingga mudah diamankan Pickford.

Hingga menit ke-70, Liverpool masih belum bisa memecah kebuntuan. Pertahanan rapat Everton dan penampilan cemerlang Jordan Pickford benar-benar menyulitkan Mohamed Salah dkk. Pada menit ke-82, wasit Chris Kavanagh menunjuk titik putih tanda penalti kepada Everton setelah Dominic Calvert-Lewin dijatuhkan Trent Alexander-Arnold di kotak penalti dalam sebuah serangan balik.

Kesempatan menambah keunggulan tak disia-siakan oleh Gylfi Sigurdsson yang maju sebagai eksekutor penalti. Sepakan Sigurdsson tak mampu diantisipasi oleh Alisson. Gol Sigurdsson itu pun memastikan kemenangan dua gol tanpa balas Everton atas Liverpool di Anfield.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *