Xabi Alonso Tinggalkan Sociedad Pindah Monchengladbach Musim Depan

AgenBolaBonus.com – Xabi Alonso memilih tinggalkan Real Sociedad dan mengasuh Borussia Monchengladbach mulai musim depan.

Xabi rencananya akan gantikan Marco Rose sebagai pelatih kepala Gladbach, sementara Rose sendiri akan pindah ke Borussia Dortmund.

Dengan demikian, mantan bintang Liverpool, Real Madrid dan Bayern Munchen itu akan akhiri karirnya sebagai pelatih Sociedad B yang dilakoninya sejak musim panas 2019, untuk awali karirnya sebagai pelatih sepak bola profesional yang akan dirintisnya mulai musim panas mendatang.

Diungkapkan surat kabar Jerman, Bild, yang dilansir Marca, Gladbach segera menyeleksi sejumlah nama untuk gantikan Marco Rose, setelah ia dipastikan akan hengkang dan gabung klub rival. Akhirnya, Xabi pun ditunjuk menjadi pelatih baru mereka.

Awalnya, Xabi Alonso tak juga merespon tawaran kontrak baru yang ditawarkan Sociedad. Sehingga desas-desus bahwa ia siap bergabung dengan Monchengladbach pun semakin kencang.

Tentunya transfer pelatih ini menjadi kemajuan bagi Xabi, yang akan tinggalkan divisi Segunda B dan beralih ke Bundesliga. Apalagi, Gladbach berlaga di Liga Champions musim ini.

Di klub yang bermarkas di San Sebastian itu, Xabi telah memasuki musim keduanya, meskipun sebenarnya sudah mengawalinya di tim U-14 Real Madrid, Infantil A, pada tahun 2018.

Awalnya, Xabi Alonso diperkirakan akan ditarik ke skuad utama Real Sociedad menggantikan Imanol Alguacil. Namun, karena dia baru saja perbarui kontraknya pada bulan Desember dan akan berlaku hingga tahun 2023, pintu klub tak terbuka sesuai apa yang diharapkan Xabi.

Pelatih 39 tahun itu memang mendapat banyak tawaran dari sejumlah klub papan atas dalam beberapa bulan terakhir.

Sebagai seorang pemain sepak bola, Xabi memang mengawali karirnya bersama Real Sociedad B di tahun 1999 hingga tahun 2000, sebelum akhirnya membela tim utama klub La Liga tersebut pada tahun 2000 hingga 2004.

Ia kemudian dipinjamkan ke Eibar selama satu musim, dan gabung ke Liverpool. Xabi sukses menjadi salah satu bintang andalan The Reds saat itu, di mana ia sukses mencetak 15 gol dalam 143 pertandingan yang dilakoninya untuk klub Merseyside tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *