Barcelona Singkirkan Real Madrid di Puncak Daftar Klub Paling Bernilai Versi Forbes

Barcelona boleh saja kalah di El Clasico pada akhir pekan kemarin, namun mereka mengungguli Real Madrid untuk urusan valuasi klub.

 

 

AgenBolaBonus.com – Barcelona boleh berbangga karena sekarang melampaui rival LaLiga mereka, Real Madrid, dalam Daftar Klub Sepakbola Paling Bernilai versi Forbes.

Madrid menduduki peringkat teratas dua tahun lalu, terakhir kali daftar ini dipublikasikan, tetapi kini mereka tertinggal dari Barca yang memiliki valuasi di angka $4,76 miliar (£3,46 miliar).

Sementara itu klub-klub Liga Primer Inggris mendominasi sepuluh besar, dengan Manchester, United, Liverpool, Manchester City, Chelsea, Arsenal dan Tottenham Hotspur termasuk dalam daftar ini.

Apa Yang Dikatakan?
Mike Ozanian dari Forbes menyusun daftar ini dan mengatakan bahwa valuasinya rata-rata naik 30 persen dari dua tahun lalu, tetapi ada dampak dari pandemi virus corona yang membatasi pendapatan di hari pertandingan.

“20 tim sepakbola paling berharga di dunia masing-masing bernilai rata-rata $2,28 miliar (£1,66 miliar), meningkat 30 persen dari dua tahun lalu, tahun terakhir di mana kami menerbitkan daftar peringkat,” kata Ozanian.

“Lonjakan terjadi meski ada penurunan pendapatan yang disebabkan oleh terbatasnya kehadiran penonton selama pandemi, dengan pembeli fokus pada apa yang mereka lihat sebagai potensi pendapatan yang masih belum dimanfaatkan di olahraga global yang sangat besar ini.

“Pendapatan rata-rata untuk 20 tim adalah $441 juta (£321 juta) untuk musim 2019/20, turun 9,6 persen dari 2017/18, sementara pendapatan operasional rata-rata turun 70 persen selama periode tersebut menjadi $23 juta (£17 juta).

“Rasa sakit [akibat pandemi] masih jauh dari selesai, dengan penurunan pendapatan hari pertandingan yang memburuk selama musim ini karena sebagian besar tim di liga top Eropa masih membatasi suporter untuk menghadiri pertandingan.”

Peringkat Klub Paling Bernilai Forbes
Ranking Forbes biasanya didominasi oleh Manchester United dan Real Madrid, dengan Setan Merah berada di puncak daftar Forbes pada 11 kesempatan sedangkan Real Madrid lima kali. Kedua tim mengalami penurunan signifikan, sementara raksasa Prancis Paris Saint-Germain merangsek di sepuluh besar dengan peningkatan nilai 129 persen.

Meski memiliki aset yang paling berharga dalam diri Cristiano Ronaldo, Juventus keluar dari sepuluh besar – masuk di urutan 11.

 

Peringkat Klub Valuasi Perubahan 2 Tahun
1 Barcelona $4,76 miliar 18 Persen
2 Real Madrid $4,75 miliar 12 Persen
3 Bayern Munich $4,21 miliar 39 Persen
4 Man Utd $4,20 miliar 10 Persen
5 Liverpool $4,10 miliar 88 Persen
6 Man City $4,00 miliar 49 Persen
7 Chelsea $3,20 miliar 24 Persen
8 Arsenal $2,80 miliar 23 Persen
9 Paris Saint Germain $2,50 miliar 129 Persen
10 Tottenham $2,30 miliar 42 Persen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *