Jorginho Blunder, Chelsea 0-1 Arsenal

Emile Smith Rowe sukses menjadi pahlawan kemenangan Arsenal dalam derbi London melawan Chelsea.

AgenBolaBonus.com – Arsenal berhasil menjaga kans mereka untuk lolos ke kompetisi Eropa musim depan setelah sukses memecundangi Chelsea 1-0 di Stamford Bridge, Kamis (13/5) dini hari WIB, dalam partai lanjutan Liga Primer Inggris.

Gol Emile Smith Rowe di babak pertama sudah cukup untuk menghadirkan kemenangan krusial buat The Gunners. Mereka kini naik ke posisi delapan klasemen, terpaut tiga angka dari West Ham United di posisi kelima, yang merupakan zona otomatis lolos ke Liga Europa.

Meski kalah, Chelsea tetap bertahan di peringkat keempat klasemen dan masih unggul enam poin dari West Ham. The Blues tentu berharap
kekalahan ini tidak mengganggu persiapan mereka jelang dua partai final, yakni di Piala FA kontra Leicester City (15/5) dan final Liga Champions kontra Manchester City (29/5).

Babak pertama diwarnai sejumlah blunder individual dari kedua tim. Pertama dilakukan oleh Pablo Mari, di mana bola yang dikuasai bek Arsenal itu berhasil direbut oleh Kai Havertz dan membuatnya berada dalam situasi satu lawan satu dengan Bernd Leno. Beruntung bagi Mari dan Arsenal, tembakan Havertz melambung tipis di atas mistar.

Di menit ke-16, blunder paling fatal terjadi, dengan Jorginho jadi kambing hitam. Gelandang Chelsea itu keliru melihat posisi berdiri Kepa Arrizabalaga sehingga salah melakukan backpass ke gawang kosong. Bola berhasil dihalau Kepa, tapi Pierre-Emerick Aubameyang mampu menguasai bola liar sebelum menyodorkannya kepada Emile Smith Rowe yang tinggal menembak ke gawang.

Chelsea mencoba bereaksi, dengan Mason Mount beberapa kali membuat ancaman nyata. Salah satu tembakan jarak dekatnya masih mengenai paha Rob Holding, lalu selang beberapa menit giliran Leno yang menepis t
embakannya. Jelang turun minum, kesalahan lain dilakukan Saka di mana Ben Chilwell merebut bola darinya di kotak penalti. Beruntung, umpan silang Chilwell berhasil dihalau Leno.

Chelsea berusaha menyerang di babak kedua, tapi ketidakberuntungan terus menaungi mereka. Christian Pulisic sempat mengira telah menyamakan skor ketika ia menanduk sebuah peluang dari sepak pojok. Sayang, ia terjebak dalam posisi off-side setelah interupsi dari VAR. Tak lama berselang, Pulisic kembali membuat peluang, tetapi tembakannya terlalu lemah.

Peluang terbaik pasukan Thomas Tuchel hadir di menit ke-90. Sebuah umpan silang Reece James berhasil ditanduk Kurt Zouma, dengan Leno menepisnya dan membentur mistar. Olivier Giroud mencoba menyambar bola muntah, tapi tembakannya mengenai mistar lagi.

Hingga tambahan waktu enam menit, skor 1-0 untuk anak asuh Mikel Arteta tidak berubah. Ini merupakan kemenangan pertama The Gunners di markas Chelsea sejak 2011.

Susunan Pemain:

Chelsea (3-4-2-1): Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, Thiago Silva, Kurt Zouma; Reece James, Billy Gilmour, Jorginho, Ben Chilwell; Mason Mount, Christian Pulisic; Kai Havertz.

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Rob Holding, Gabriel Magalhaes, Pablo Mari, Kieran Tierney; Thomas Partey, Mohamed Elneny; Bukayo Saka, Martin Odegaard, Emile Smith Rowe; Pierre-Emerick Aubameyang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *