Villarreal Raih Gelar Juara Liga Europa Pertama Mereka, Man United Kalah Adu Penalti!

AgenBolaBonus.com – Villarreal berhasil mengalahkan Manchester United di babak final Liga Europa, pertandingan harus diakhiri dengan drama adu penalti untuk menentukan pemenang.

Gerard Moreno membawa Villarreal unggul 1-0 di babak pertama final Liga Europa yang digelar pada hari Kamis 27 Mei 2021 di Stadion Energa Gdansk, namun gol balasan penyama kedudukan Edinson Cavani memaksa laga harus dilanjutkan hingga babak perpanjangan waktu dan adu penalti.

Tak banyak peluang yang tercipta di babak pertama pertandingan antara Villarreal vs Manchester United, bahkan masing-masing hanya menciptakan satu tembakan on target sepanjang 4 menit pertama. Dan United pun mendominasi penguasaan bola hingga nyaris 70%.

Pertandingan berlangsung keras dan bahkan sudah beradarah-darah di menit ke-8. Foyth kala itu tengah berusaha menghalau Marcus Rashford di tepi kotak penalti, ia kemudian terpeleset dan kepalanya membentur lutut Paul Pogba saat ia jatuh. Hidung mantan pemain Spurs ini pun bercucuran darah dan membutuhkan perawatan medis.

Minim peluang tapi Villarreal lah yang berhasil menjebol gawang Man United di menit ke-29 melalui gol Gerard Moreno, sang top skor dengan catatan 70 gol terbanyak sepanjang sejarah klub! Gol ini tercipta saat Parejo mengirimkan umpan dari sayap kiri dari tendangan bebas. Gerard Moreno menjauh diri dari bek United dan melepaskan tembakan ke arah gawang!

Pemain dan fans Villarreal pun bersorak! Wajar, karena laga ini menjadi satu-satunya peluang bagi Villarreal untuk dapat bermain di kancah Eropa musim depan, pasalnya mereka hanya finish di urutan ke tujuh klasemen akhir Liga Spanyol dan terdepak dari zona Liga Europa usai kalah dari Real Madrid di laga terakhir. Jika mereka mampu mengalahkan Manchester United di babak final ini, maka tiket Liga Champions musim depan dalam genggaman!

Sayang mimpi Villarreal bubar di babak kedua! Edinson Cavani yang sempat bersitegang dengan Ole Gunnar Solskjaer di babak pertama, akhirnya menjadi penyelamat bagi United di babak kedua! Edinson Cavani bereaksi cepat menyambut defleksi McTominay saat Rashford mengirim bola ke dalam kotak penalti, dari jarak dekat Cavani sukses menjebol gawang Geronimo Rulli. Skor imbang 1-1 antara Villarreal vs Man United di menit 55.

Cavani kini menjadi pemain ketiga berusia 34 tahun atau lebih yang berhasil mencetak gol di final utama Eropa untuk klub Inggris, sebelumnya ada nama Gary McAllister (36 tahun) untuk Liverpool di final Piala UEFA melawan Alavés pada musim 2000/2001 dan Didier Drogba (34 tahun) bersama Chelsea pada final Liga Champions UEFA versus Bayern Munchen musim 2011-12.

20 menit terakhir laga sepenuhnya dikuasai oleh pemain Manchester United, mereka berusaha mengakhiri laga dengan kemenangan! Peluang Marcus Rashford saat mengejar umpan dari Bruno Fernandes berakhir dengan offside, Pau Torres berhasil menggagalkan bola hasil sundulan Cavani yang sudah mengarah ke gawang! Demikian pula sundulan Paul Pogba yang melambung tipis!

Hingga pertandingan berakhir untuk waktu normal 90 menit, skor masih imbang 1-1 antara Villarreal vs Manchester United, dilanjutkan dengan babak perpanjangan waktu. Ini menjadi final Liga Europa yang menjalani perpanjangan waktu sejak terakhir kali di tahun 2014, kala itu skuad Sevilla akhirnya menang lewat adu penalti melawan Benfica.

Dan sejarah tersebut berulang, usai babak perpanjangan waktu berakhir tanpa gol, maka penentuang gelar juara Liga Europa kali ini ditentukan oleh drama adu penalti! Dan saat kiper Villarreal Geronimo Rulli berhadapan melawan David De Gea, ternyata itu adalah momen penentuan kedua tim. David De Gea gagal melesakkan tendangannya, Rulli berhasil menebak arah bola dan mengakhiri laga dengan skor 11-10. Villarreal juara Liga Europa 2020/2021!

Susunan Pemain:

  • VILLARREAL (4-4-2): Geronimo Rulli; Juan Foyth, Raul Albiol, Pau Torres, Alfonoso Pedraza; Yeremi Pino, Etienne Capoue, Dani Parejo, Manu Trigueros; Gerard Moreno, Carlos Bacca. Cadangan: Sergio Asenjo, Mario Gaspar, Ramiro Fuenes Mori, Dani Raba, Pervis Estupinan, Paco Alcacer, Alberto Moreno, Francis Coquelin, Ruben Pena, Jaume Costa, Moi Gomez, Fernando Nino.
  • MANCHESTER UNITED (4-2-3-1): David de Gea; Aaron Wan-Bissaka, Eric Bailly, Victor Lindelof, Luke Shaw; Paul Pogba, Scott McTominay; Marcus Rashford, Bruno Fernandes, Mason Greenwood; Edinson Cavani. Cadangan: Harry Maguire, Juan Mata, Lee Grant, Fred, Amad Diallo, Daniel James, Dean Henderson, Alex Telles, Nemanja Matic, Brandon Williams, Donny van de Beek, Axel Tuanzebe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *