Diserang Wabah Covid, Skuad Timnas Spanyol Disuntik Vaksin Sehari Jelang Euro 2020

Spanyol telah menjadi satu tim yang paling khawatir jelang Euro 2020 karena wabah covid yang sudah mengifeksi setidaknya dua pemain mereka dan memicu kekhawatiran bahwa akan ada kasus tambahan dan membuat mereka bisa kekurangan pemain di turnamen.

Sebagai langkah antisipasi, timnas Spanyol kini akan menerima dosis pertama vaksin Covid-19 pada hari Jumat waktu setempat, yang akhirnya membuat semua skuad harus bersedia menerima pengobatan ketika beberapa di antara mereka sebelumnya menolak pemberian vaksin ini.

Sebelumnya kapten La Roja Sergio Busquets diketahui telah terpapar virus selama akhir pekan lalu usai laga persahabatan kontra Portugal yang membuat beberapa staf dan pemain yang melakukan kontak dekat dengannya harus menjalani karantina.

Dengan laga persahabatan lain melawan Lithuania telah digantikan skuad dari U-23, pemain Spanyol lain dan bek Leeds United Diego Llorente menjadi pemain kedua yang juga menerima hasil positif dari tes covid-19, yang semakin menimbulkan kekhawatiran pada skuad.

Luis Enrique sekarang telah memanggil beberapa pemain cadangan untuk masuk ke dalam skuad latihan pada gelembung paralel timnas Spanyol sebagai langkah antisipasi, dengan Euro 2020 akan segera dimulai pada Sabtu (12/6) WIB, meski juara Euro 2008 dan 2012 ini baru akan memulai perjuangan mereka melawan Swedia pada Selasa (15/6) WIB mendatang.

Sementara vaksin pada akhirnya akan diharapkan mampu melindungi pemain dari Covid-19, itu tidak akan mencapai efektivitas penuh dalam waktu yang singkat, yang berarti Spanyol belum jelas saat mereka mendekati Euro 2020.

RFEF dan pemerintah Spanyol merilis pernyataan bersama terkait keputusan vaksin tersebut. “Tujuan dari vaksinasi ini adalah untuk memudahkan Spanyol bermain di Euro 2020 dengan jaminan keamanan penuh,” demikian bunyi pernyataan tersebut, “Selain juga memungkinkan tim nasional bersaing secara setara dengan tim peserta lain yang sudah diimunisasi.”

“Vaksinasi akan dilakukan Jumat ini di Ciudad del Futbol Las Rozas dan akan dimulai pukul 10 pagi. Tim nasional akan divaksinasi dengan memasok vaksin yang berbeda tergantung pada situasi masing-masing anggota skuad. Dengan cara ini, tim nasional akan mengakhiri besok dengan jadwal vaksinasi lengkap untuk menjaga kesehatan dan keselamatan delegasi Spanyol dalam turnamen sebesar ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *